Wednesday, October 5, 2011

Awal Mula Kehidupan Bumi (diduga) Dibawa Oleh Batu Luar Angkasa

Hipotesa-hipotesa yang berkembang dalam dunia sains tentang awal mula kehidupan dibumi banyak macam dan ragamnya. Diantaranya adalah abiogenesis yang selanjutnya menjadi last universal common ancestor (LUCA) yang selanjutnya menuju arah evolusi.. Dalam banyak forum yang saya kunjungi, ada yang menyatakan bahwa abiogenesis sudah menjadi teori ada juga yang menyatakan bahwa abiogenesis baru menjadi hipotesa.


Saya sendiri kurang paham banyak atas apa yang menjadi bahan diskusi. It's all ok, dan diskusi yang saya lakukan banyak memberi pengalaman serta bacaan-bacaan baru dan tentu saja menambah wawasan.


Ada juga pendapat yang cukup menarik, yaitu bahwa asal muasal kehidupan di bumi ini dibawa oleh batu-batu dari luar angkasa, baik itu asteroid maupun meteor.


Salah satu alasan kenapa ber-hipotesa bahwa asal muasal kehidupan dibawa oleh bebatuan luar angkasa adalah ditemukannya batu meteor yang jatuh di Antartika yang kemudian batu itu diberi kode Allan Hills 84001. Batu meteor Allan Hills 84001 sendiri ditemukan tahun 1984. Apa yang menarik dari Allan Hills 84001?



Dengan menggunakan mikroskop elektron struktur batu meteorit Allan Hills 84001 (diduga) mengandung fossil bakteri. Jika dugaan ini benar, maka kemungkinan orign of life di bumi diduga dibawa oleh bebatuan luar angkasa yang menabrak bumi saat awal-awal terbentuknya bumi.
Batu meteor Allan Hills 84001 juga menimbulkan kontroversi, ada beberapa ilmuwan yang menduga bahwa meteor tersebut sudah terkontaminasi.


Kedit gambar : Wikipedia


Powered by Qumana


Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 comments:

Post a Comment