Sunday, October 9, 2011

Kenapa disebut fundamentalis?


Ada beberapa berita di portal berita internet :



  1. Teror di Norwegia, Tersangka Seorang Kristen Fundamentalis (Detik)

  2. Film My Name is Khan mendapat tentangan dari Fundamentalis Hindu. (Detik)

  3. Gus Dur berpesan, kaum fundamentalis jangan dijauhi. (Kompas)


Ketiga artikel berita tersebut, menuliskan kata-kata fundamental untuk beritanya. Fundamental Kristen, Fundamental Hindu, Fundamental Islam. Ada kesan bahwa kata-kata fundamental atau fundamentalis sangat bermakna negatif. Seorang fundamentalis tidak segan-segan untuk menge-bom orang yang tidak sepaham, mengobrak abrik tempat berjualan makanan, merusak caffe dll. Hanya hal-hal negatif yang dilakukan seorang fundamentalis :)


Jadi apa itu fundamentalis? Fundamentalis berasal dari kata fundamental, arti kata lengkap fundamental dan fundamentalis bisa dilihiat di situs dictionary. Makna (penafsiran sendiri) fundamentalis adalah adalah dasar.


Jadi fundamentalis bisa diartikan :



  • Orang yang belajar agama pada tahap dasar tetapi menggunakan ilmu yang masih dasar itu untuk memaksa orang lain untuk ikut dengannya. atau

  • Dasar (fundamental) ajaran agama itu sendiri.


Untuk mengetahui bahwa seseorang yang dikategorikan sebagai fundamentalis, apakah dia baru belajar dasar agama (belajar awal), atau memang fundamental agama tersebut yang "kacau" harus dipelajari satu demi satu (tidak bisa digeneralisir). Kadangkala fundamental dasar ajaran disebut tekstual; sedangkan perbuatan yang disesuaikan jaman disebut kontekstual.



Powered by Qumana


Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 comments:

Post a Comment